Senin, 22 Oktober 2012

( Jurnal 1 )

ANALISIS PENGARUH KUALITAS
PELAYANAN, FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN
(Hotel Srondol Indah Semarang )

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pertumbuhan hotel di
Semarang yang tinggi yang tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah
wisatawan yang seimbang. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi jumlah
pengunjung yang menginap di hotel. Penyedia layanan perhotelan harus
menyiapkan strategi terbaik untuk menarik konsumen , karena dengan munculnya
hotel – hotel baru maka konsumen menjadi semakin memiliki banyak pilihan.
Hotel Srondol Indah Semarang merupakan salah satu hotel yang terkena imbas
dari ketidakseimbangan tersebut. Dapat dilihat dari terus turunnya jumlah
pengunjung yang menginap di hotel ini sejak tahun 2005 s.d tahun 2009. Masalah
dalam penelitian ini adalah “ faktor – faktor apa yang mempengaruhi keputusan
seseorang untuk menginap di Hotel Srondol Indah Semarang”. Yang secara
khusus difokuskan pada tiga variabel yaitu kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mempelajari pengaruh tiga variabel
tersebut dalam mempengaruhi keputusan menginap di Hotel Srondol Indah.
Setelah melekukan kajian literatur dan penyusunan hipotesis, data yang
dikumpulkan memalui kuesioner pada 80 tamu Hotel Srondol Indah Semarang yang diperoleh menggunakan teknik sampling sistematik.

 
Analisis
Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan menginap
Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan dari variabel kualitas
pelayanan terhadap variabel keputusan menginap. Hal ini didasarkan pada analisis
kuantitatif, di mana hasil t hitung (3,310) lebih besar dari t tabel (1,9913). Indikator
kecepatan dan ketepatan karyawan dalam memberikan pelayanan penting dalam
mempengaruhi seseorang untuk menginap.
Pengaruh fasilitas terhadap keputusan menginap
Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan dari variabel fasilitas
terhadap variabel keputusan menginap. Hal ini didasarkan pada analisis
kuantitatif, di mana hasil t hitung (2,967) lebih besar dari t tabel (1,9913).
Indikator kamar yang bersih dan nyaman penting dalam mempengaruhi
seseorang untuk menginap. Pada dasarnya alasan seseorang menginap dihotel
adalah untuk beristirahat, kamar yang bersih dan nyaman akan membuat
seorang tamu merasa kerasan dan nyaman dalam beristirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar