( Jurnal 2 )
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( Hotel
Kalpataru Malang )
Kualitas pelayanan adalah sesuatu yang
komplek terdiri dari lima unsur, yaitu: Reliabilitas,
Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible.
Buruknya kualitas jasa yang diberikan penyedia jasa kepada pelanggan telah
disadari mengakibatkan banyaknya kerugian yang dialami oleh perusahaan. Mereka
yang kecewa tidak hanya meninggalkan perusahaan, tetapi juga akan menceritakan
keburukan jasa yang diterima kepada orang lain. Selain itu perusahaan akan
lebih banyak mengeluarkan biaya untuk mendapatkan satu orang pelanggan baru.
Kurangnya kualitas jasa dibidang ekonomi merupakan harga tertinggi yang tumbuh
sangat cepat, dari pada harga produk nyata. Bila dalam usaha perhotelan mampu
menciptakan kepuasan pelanggan, maka kepuasan pelanggan dapat memberikan
manfaat diantaranya hubungan antara perusahaan dan pelanggannya menjadi
harmonis, memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya
loyalitas pelanggan, serta membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mouth) yang
menguntungkan bagi perusahaan. Hal ini disebabkan konsumen yang datang ke Hotel
Kalpataru mempunyai motivasi atau pendorong yang berbeda dalam memanfaatkan
produk jasa yang ditawarkan apakah menyewa kamar, memanfaatkan fasilitas yang
ada seperti fasilitas rapat, hiburan dan lainnya, keistimewaan-keistimewaan
yang ditawarkan oleh pihak Hotel nantinya akan menjadi suatu indikator bagi
kepuasan konsumen sehingga pihak perusahaan perlu meningkatkan kualitas
jasanya.
Analisis
Jika perusahaan
jasa telah memberikan kepuasan pelanggan, maka akan menciptakan pembelian
ulang. Memberikan kepuasan kepada pelanggan hanya dapat diperoleh jika
perusahaan memperhatikan apa yang dinginkan oleh pelanggannya, sehingga
kualitas jasa pelayanan yang dihasilkan ditentukan oleh pelanggan. Persepsi
pelanggan terhadap kepuasan merupakan penilaian subyektif dari hasil yang
diperolehnya. Harapan pelanggan merupakan referensi standar kinerja pelayanan
dan sering kali diformulasikan berdasarkan keyakinan tentang apa yang akan
terjadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar