METODE RISET 1
BAB 1
1.1
TEMA
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FASILITAS TERHADAP
KEPUASAN KONSUMEN
Konsumen memiliki peluang yang luas untuk mendapatkan
produk dengan sederet pilihan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Karena
itu konsentrasi pemasaran tidak lagi sekedar bagaimana produk itu sampai ke
konsumen tetapi lebih focus kepada apakah produk itu telah memenuhi permintaan
kepuasan konsumen. Untuk itu diperlukan strategi inovasi penjualan terus
berusaha agar dapat menarik calon konsumen menjadi konsumen yang potensial.
Masalah pelayanan sebenarnya bukanlah hal yang sulit atau rumit, tetapi apabila
hal ini kurang diperhatikan maka dapat menimbulkan hal-hal yang rawan karena
sifatnya yang sangat sensitif. Sistem pelayanan perlu didukung oleh kualitas
pelayanan, fasilitas yang memadai dan etika atau tata krama.
1.2
LATAR BELAKANG MASALAH
Hotel adalah suatu
bentuk bangunan, lambang, perusahaan atau badan usaha akomodasi yang
menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta
fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat
umum, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya
menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu.
Kota Semarang
merupakan pusat segala kegiatan aktifitas baik ekonomi, bisnis, perdagangan dan
industri dan menjadi miniatur wilayah Jawa Tengah. Kota Semarang dimungkinkan
menjadi kota modern sehingga memerlukan fasilitas-fasilitas pendukung yang
modern termasuk sarana akomodasinya. Salah satu akomodasi yang dibutuhkan
diantaranya adalah sarana penginapan atau hotel. Sektor perhotelan di Semarang
masih sangat potensial dikembangkan dan dapat menjadi salah satu sektor bisnis
yang sangat menguntungkan. Keberhasilan operasional hotel ditentukan oleh
lokasi dimana hotel tersebut ditempatkan. Untuk itu, hotel direncanakan
terletak di daerah pusat perdagangan terutama pada jalur-jalur utama kota.
1.3
RUMUSAN MASALAH
Perusahaan jasa
berlomba-lomba melakukan berbagai cara untuk dapat menghasilkan produk yang
mampu menarik calon konsumen untuk bersedia
memakai
produk mereka. Persaingan di bidang jasa perhotelan di kota Semarang yang ketat memiliki pengaruh yang besar terhadap penurunan
jumlah tamu hotel.Dengan ketatnya persaingan konsumen menjadi semakin memiliki
banyak pilihan sehingga harus
diterapkan strategi yang tepat untuk tetap menjadi pilihan prioritas dari para konsumen. Fluktuasi jumlah tamu hotel yang
memiliki kecenderungan menurun mendorong perusahaan
untuk semakin meningkatkan performa perusahaan agar hal-hal yang mempengaruhi penurunan tersebut dapat
diidentifikasi untuk kemudian diterapkan
sebagai strategi yang tepat untuk dapat mengatasinya.Maka masalah penelitian
yang dikembangkan disini adalah “faktor-faktor apa
sajakah yang dapat meningkatkan keputusan menginap di Hotel Srondol Indah Semarang ?”. Variabel-variabel yang digunakan antara
lain kualitas pelayanan, fasilitas dan
lokasi.Dari masalah penelitian tersebut dapat dirumuskan pertanyaan-pertanyaan
penelitian sebagai
berikut :
1. Bagaimana pengaruh
kualitas layanan terhadap keputusan menginap?
2. Bagaimana pengaruh
fasilitas terhadap keputusan menginap?
3. Bagaimana pengaruh
lokasi terhadap keputusan menginap?
1.4
TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan pada latar belakang dan rumusan masalah,
maka penelitian ini bertujuan:
1 Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas
layanan terhadap
keputusan menginap.
1. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh fasilitas
terhadap
Keputusan penginap.
3. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh lokasi
terhadap keputusan
menginap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar